Stop merokok

Dampak Negatif Merokok Untuk Kesehatan

rini | Kesehatan | 15-11-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Merokok merupakan sebuah kebiasaan buruk yang harus dihentikan segera. Seperti diketahui, rokok mengandung bahan kimia dan zat adiktif dalam setiap batangnya. Diperkirakan ada lebih dari 7.000 bahan kimia yang terdapat di dalam rokok. Kandungan paling banyak ditemukan dalam rokok diantaranya: nikotin, tar, karbon monoksida, hingga benzena. Kandungan zat ini dipercaya dapat menjadi pemicu penyakit kanker.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang disebabkan meroko:

1. Kanker paru-paru

Kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit yang paling sering diderita oleh perokok aktif. Bahan kimia yang dihisap dengan rutin, mengendap di paru-paru kemudian bisa berkembang menjadi kanker.

2. Gangguan sistem pernafasan

Ketika menghirup asap rokok, kita akan mengambil zat yang dapat merusak paru-paru. Seiring waktu, kerusakan tersebut bisa menimbulkan berbagai masalah pernapasan, termasuk peningkatan risiko penyakit paru-paru kronis yang tidak dapat dipulihkan, seperti emfisema, kerusakan kantung udara di paru-paru, bronkitis kronis, peradangan permanen yang memengaruhi lapisan saluran pernapasan, dan PPOK.

3.Gangguan kehamilan dan janin

Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Ibu hamil yang merokok atau sering terpapar asap rokok dapat menghambat pertumbuhan bayi karena kandungan nikotin bisa menghalangi asupan nutrisi dan oksigen ke bayi melalui plasenta. Ibu hamil perokok juga berisiko melahirkan bayi dengan berat badan lebih rendah dan gangguan penyakit lain.

4. Gangguan Jantung

Menurut penelitian 72 persen pasien serangan jantung koroner merupakan seorang perokok aktif. Merokok dapat menyebabkan zat-zat berbahaya yang terkandungnya dapat menempel pada dinding arteri.

5. Gigi keropos

Bau mulut, gigi bernoda, dan penyakit gusi merupakan efek yang kerap timbul akibat merokok. Tak hanya itu, merokok juga bisa menimbulkan masalah serius lain, seperti kanker pada mulut, bibir, lidah, dan tenggorokan, termasuk kanker laring dan kanker nasofaring.

6. Masalah daya tahan tubuh

Menghisap rokok dapat menurunkan kemampuan sistem imun tubuh untuk melawan infeksi. Ketika sistem kekebalan tubuh menurun, seseorang akan lebih rentan terserang penyakit. Selain itu, kekebalan tubuh yang rendah juga bisa menambah kondisi peradangan dalam tubuh.

Itu dia beberapa masalah kesehatan yang dapat muncul akibat merokok. Para pecandu rokok kemungkinan sulit untuk lepas dari kebiasaan ini. Namun memulai kebiasaan hidup sehat tanpa roko dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh dan terhindar dari sejumlah penyakit yang disebutkan diatas.

Tag : gaya hidup sehat, berhenti merokok, kandungan rokok, kesehatan, dampak merokok

Berita Terkait