Kapolres Tebinggi AKBP Agus Sugiyarso dan istri

Istri Viral Pamer Uang di TikTok, Kapolres Tebingtinggi Dicopot dari Jabatannya

rini | Daerah | 02-11-2021

PARBOABOA, Tebingtinggi – Akibat ketidak hati-hatian istri dalam bermain sosial media, Kapolres Tebing Tinggi, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara (Sumut) AKBP Agus Sugiyarso dicopot dari jabatannya.

Sebelumnya beredar sebuah video yang menampilkan Eci Agus Sugiyarso yang merupakan istri AKBP Agus memamerkan uang saat arisan di media sosial TikTok.

Sontak video tersebut menuai banyak kritik dari netizen dan bahkan menarik perhatian Kapolda Sumatra Utara Irjen. Pol. R.Z. Panca Putra Simanjuntak

Video itu diunggah akun TikTok @ecimot512 yang diduga merupakan akun milik Eci. Dalam video itu, Eci mengenakan kaos berlogo tribrata sambil menari dengan memegang setumpuk uang. Video tersebut berdurasi 14 detik.

Terungkap bahwa uang tersebut merupakan uang arisan ibu-ibu Bahayangkari yang akan diserahkan kepada anggota arisan yang menarik saat itu sebanyak 44 orang. Video tersebut awalnya dibuat hanya untuk seru-seruan.

Sikap memamerkan uang tersebut dianggap melanggar Peraturan Kapolri No 10/2017 tentang aturan agar anggota kepolisian dan keluarga menghindari gaya hidup mewah.

Usai video tersebut viral AKBP Agus langsung menjalani pemeriksaan dan evaluasi di Propam Polda Sumut.

Jabatan Kapolres Tebing Tinggi akan diisi AKBP Mochamad Kunto Wibisono. Dia sebelumnya menjabat Kabag Ops Polres Metro Jakarta Barat (Jakbar). Sementara AKBP Agus akan dimutasi sebagai perwira menengah di Polda Sumut dalam rangka evaluasi jabatan.

Kapolda Sumatra Utara Irjen. Pol. R.Z. Panca Putra Simanjuntak mengatakan bahwa tindakan yang dilakukan istri Kapolres tersebut adalah bentuk hedonisme.

"Kegiatan kemarin dilakukan Ibu Kapolres Tebingtinggi itu, ada gambar memegang uang pada saat arisan rutin dilakukan di Polres Tebingtinggi. Namun gambar dan foto itu diupload oleh stafnya masuk ke akun instagramnya dan ini menjadi viral," kata RZ Panca, Senin (1/10).

Irjen Panca menjelaskan, meskipun video itu diunggah oleh staf, namun Eci dan sang suami yang merupakan anggota Polri tetap dianggap bertanggung jawab. Panca mengingatkan seluruh jajarannya agar hati-hati menggunakan media sosial. Jika melakukan pelanggaran, Panca menegaskan tak segan segan akan mencopot bawahannya.

Tag : daerah, kapolres tebingtinggi dicopot, istri kapolres pamer uang, pamer uang

Berita Terkait